Presiden Amerika serikat Paling Dekat Dengang Bung Karno - suara-onlin
Home » , , » Presiden Amerika serikat Paling Dekat Dengang Bung Karno

Presiden Amerika serikat Paling Dekat Dengang Bung Karno

Posted by Unknown
suara-onlin, Updated at: November 22, 2016

John Fitzgerald Kennedy adalah presiden negara Paman Sam paling akrab dengan Bung Karno.

Bukan saja secara pribadi, namun juga sebagai sesama negarawan. "Dia adalah presiden AS yang paling mengerti aku,"ujar Sukarno dalam buku Cindy Adams: Bung Karno Penyambung Lidah Rakjat Indonesia. Awal persahabatan dua lelaki flamboyan ini terjadi ketika pesawat B-26 milik pemberontak Permesta yang dikendalikan oleh intel CIA bernama Allen Pope tertembak di Pulau Morotai oleh pesawat pemburu Mustang AURI. Tertangkapnya Allen Pope membuat geger AS.

Tuntutan rakyat AS terhadap pemerintahnya untuk membebaskan Allen semakin kuat hingga membuat pemerintah AS secara intensif melakukan berbagai lobi politik terhadap Jakarta. Hasil yang memuaskan baru dituai saat secara pribadi John F Kennedy menghubungi Bung Karno. Bahkan bukan hanya sekedar menghubungi, John F Kennesy pun mengundang Bung Karno untuk datang ke negaranya.



Pada 1961, Bung Karno pun menjadi tamu resmi John F Kennedy. Saat di AS ini, Bung Karno diajak mengunjungi pabrik pesawat Lockheed di Burbank, California. Di sana Bung Karno John F Kennedy membantu proses pembelian 10 pesawat Hercules tipe B, terdiri dari 8 kargo dan 2 tanker, yang merupakan cikal bakal lahirnya armada Hercules bagi AURI (armada yang kelak ikut bertempur merebut Irian Barat). Bung Karno bisa membuat Amerika menghentikan embargo. Lalu menyuntik dana ke Indonesia.

Kebijakan John F Kennedy yang selalu menggunakan politik merangkul terhadap negara-negara yang kritis terhadap AS menjadikan sebagian tokoh garis keras di CIA berang. Bukan rahasia lagi jika John F Kennesy memiliki hubungan yang kurang bagus dengan petinggi-petinggi CIA. Entah ada hubungannya atau tidak, pada 1963 John F Kennedy tewas ditembak di Dallas.

Terbunuhnya John F Kennedy, membuat kebijakan AS terhadap Indonesia kembali mengeras dan CIA kembali melancarkan aksinya untuk menyingkirkan Bung Karno.
(hendijo)

(Baca juga: Terbongkarnya Jejak CIA dan Pemberontakan di Insonesia)


Share This Post :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2015 suara-onlin.
Design by Creating Website and CB Design