Helicak Gabungan dari kata "helikopter" dan "becak" - suara-onlin
Home » , » Helicak Gabungan dari kata "helikopter" dan "becak"

Helicak Gabungan dari kata "helikopter" dan "becak"

Posted by Unknown
suara-onlin, Updated at: November 22, 2016


HELICAK...HELICAK ..ONGKOSNYA BERAPA? Lirik lagu dari Ira Maya Sopha itu sangat akrab di teling saat saya bocah dulu.

Kalau saya disuruh nyanyi, pasti saya bawakan lagu tersebut. Anehnya, saya sendiri tidak memiliki bayangan seperti apa "mahluk" itu. Maklum saya tinggal di udik, hanya berteman katak dan burung-burung sawah. Menurut hikayat para urban, helicak merupakan gabungan kata dari "helikopter" dan "becak". Dijuluki demikian karena sekilas bentuknya memang mirip kedua moda transportasi tersebut.

Pertama kali diluncurkan di pada Maret 1971, oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin, Helicak diharapkan bisa menggantikan fungsi becak yang dianggap "tidak manusiawi". Bentuk kendaraan ini laiknya becak: penumpang duduk di dalam kabin dengan kerangka besi dan serat kaca yang ada di bagian depan.

Penumpang dipastikan terlindung dari panas, hujan, maupun debu jalanan. Untuk kapasitas helicak hanya bisa ditumpangi oleh 2 orang dewasa. Sedangkan "sang pilot" ada di bagian belakang. Konon mesin dan bodi utama kendaraan ini diambil dari skuter Lambretta dengan mesin 150 CC yang didatangkan dari Italia.

Saat pertma kali diluncurkan, ada sekitar 400 unit helicak di Jakarta. Harga satu unit helicak saat itu adalah Rp 400 ribu. Dan saat terakhir diimpor tahun 1979, harganya Rp 525 ribu per unit. Namun kendaraan ini dinilai tidak aman karena jika terjadi kecelakaan, maka penumpangnya duluan yang menjadi korban. Selain itu, sopir helicak akan kepanasan saat matahari bersinar terik dan basah kuyub saat hujan turun.

Karena itu, pengusaha transportasi lebih memilih menggunakan bajaj yang belakangan muncul, sehingga helicak terpinggirkan. Kendaraan ini dilarang untuk dioperasikan oleh Pemda DKI pada 1987. Jika saat ini anda ingin melihat kendaraan jadoel tersebut, silakan tonton videony.
(hendijo)


Lima Alat Transportasi Jadul Jakarta yang Unik.



Share This Post :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2015 suara-onlin.
Design by Creating Website and CB Design